Rabu, 14 Maret 2012

Strategi Pencipta Pasar


Saat ini pengguna internet di dunia telah mencapai 1,2 miliar dan di Indonesia telah mencapai 25 juta. Internet merupakan pasar yang diimpikan bagi sebagian kalangan. Memasuki Ekonomi baru atau ekonomi digital, yang membuat pasar digerogoti perusahaan revolusioner. Dibutuhkan strategi untuk dapat bertahan di era internet.
Berbagai macam strategi di internet dalam melakukan revolusi antara lain strategi pencipta pasar (market creator strategy), strategi rekonfigurasi saluran (channel reconfiguration), strategi perantara transaksi (transaction intermediary strategy), strategi perantara informasi (infomediary strategy), strategi inovator pelayanan diri sendiri (self-service innovator strategy), strategi inovator rantai suplai (supply chain innovator strategy) dan strategi penguasaan saluran (channel mastery strategy).
Strategi Market Creator adalah strategi penggunaan internet untuk mendefinisikan pasar baru dengan mengidentifikasi suatu kebutuhan konsumen secara unik. Strategi ini mengharuskan Anda untuk memasuki pasar yang pertama dan mempertahankan persaingan ke depan dengan melakukan inovasi secara terus-menerus. Untuk menciptakan pasar baru, kadangkala Amazon.com rela rugi lebih dahulu demi meraih posisi pasar yang kuat dan keuntungan dalam jangka panjang. Amazon.com merupakan perusahaan yang menggunakan market creator strategy dengan cara mengidentifikasi database dan pengiriman sebagai kompetensi dan merancang web Amazon.com dengan kecepatan proses browsing dan order produk serta menggabungkan efisiensi, potongan harga dan pelayanan yang bersifat personal.
Amazon.com yang dahulunya hanya toko buku kecil yang didirikan oleh Jeff Bezos dengan 7 karyawan pada 1994 yang merupakan perusahaan berbasis di Seattle dan memasuki pasar Internet pada Juli 1995. Saat ini Amazon. com, Inc di Nasdaq tercatat dengan: AMZN dan merupakan salah satu perusahaan Fortune 500 serta Earth’s Biggest Selection. Amazon.com, Inc mencoba menjadi perusahaan berpusat pelanggan paling besar dunia, pelanggan dapat mencari dan menemukan sesuatu yang diinginkan untuk dibeli secara online dan berusaha keras untuk memberikan pelanggan kemungkinan harga yang paling murah. Amazon.com sekarang berjualan macam-macam produk, memberikan jutaan keunikan yang baru dengan produk yang terdiri dari beberapa kategori, misalnya kesehatan dan perawatan pribadi, perhiasan dan jam, makanan, olahraga, buku, musik, DVD, mainan, elektronik dan perkantoran, mainan dan anak serta rumah dan perkebunan.
Amazon mengoperasikan beberapa situs web untuk meraih pasar baru, mencakup www.amazon.com, www.amazon.co.uk, www.amazon.de, www.amazon.co.jp, www.amazon.fr, www.amazon.ca, dan the Joyo Amazon websites at www.joyo.cn dan www.amazon.cn. Pada 2007, penjualan bersihnya diperkirakan mencapai $14.263 miliar dengan pertumbuhan meningkat 33% dibandingkan dengan 2006. Pendapatan operasionalnya diperkirakan mencapai $675 juta dengan pertumbuhan mencapai 74% dibandingkan dengan 2006.

0 komentar:

Posting Komentar