Selasa, 28 Februari 2012

Modalnya Keahlian


Keahlian yang Anda miliki merupakan modal yang cukup memadai. Jika Anda memang mempunyai keahlian apapun maka Anda dapat memulai bisnis dengan menjadi konsultan. Konsultan merupakan orang yang ahli dalam suatu bidang yang memberikan petunjuk atau nasihat kepada orang yang memintanya. Anda dapat menjadi konsultan dari berbagai bidang ilmu yang Anda miliki, mulai dari bidang taman, desain, bisnis, manajemen, komputer dan sebagainya. Misalnya Anda dalam bidang penataan taman. Pekerjaan yang Anda lakukan hanya memberikan desain taman lengkap dengan tanaman-tanaman yang Anda sarankan dan ornamen-ornamen penghias taman lainnya Kemudian mungkin Anda lengkapi dengan daftar pemasok di mana segala benda itu dapat diperoleh. Anda memndapatkan imbalan dari jasa desain Anda.
Anda dapat pula tidak sekedar itu, tetapi juga sebagai pengawas dari pekerjaan tersebut, melakukan pemilihan kontraktor pelaksanan, tetapi segala transaksi terjadi antara pemberi kerja dengan pemasok secara langsung. Saat ini yang baru laris adalah penataan dekorasi yang dihiasi tanaman pada peristiwa pengantin.
Jika Anda seorang arsitek, maka Anda dapat menjadi konsultan dari mulai interior rumah sampai interior hotel, restoran, perkantoran dan sebagainya. Dapat pula Anda menawarkan jasa desain yang selama ini Anda tekuni, mulai dari desain rumah, kantor sampai taman yang menyejukkan hati. Keahlian Anda sebagai modal awal Anda memulai bisnis.
Transformations Consulting merupakan perusahaan yang didirikan menggunakan modal keahlian dari para manajer senior perusahaan Fortune 50. Pengalaman bekerja di perusahaan bisnis terbaik tersebut sebagai senjata untuk memasarkan produknya lewat internet dengan membuat situs web dengan alamat www.transformationsconsulting.com. Patty Dodgen, sebagai manajer kerjasama Transformationsgroup mengatakan bahwa mereka mendapat kontrak pertama kali setelah bekerja selama 60 hari. Saat ini pelanggan Transformationsgroup tidak hanya perusahaan-perusahaan kecil tetapi sudah merambah ke perusahaan-perusahaan besar miaslnya, Compaq, Digital Equipment, Honeywell, Kent State University, The American Health Care Management Company, The Corporation for Public Broadcasting, The Bureau of Land Management, The Public Broadcasting System dan Youngstown State University. Cara yang dilakukan Dodgen yaitu menyediakan waktu 10 sampai 15 menit untuk menelpon calon pelanggan yang mengunjungi situs webnya dan yang telah meninggalkan alamat lengkap. Jika tidak mencantumkan telpon, ia menggunakan e-mail. Ia menjelaskan bagaimana konsultannya di Transformationsgroup memberikan konsultasi secara rinci dengan segala kekuatan dan keterbatasannya. ”Kita menjual pengalaman dan kehalian” kata Dodgen.


Sumber (M.Suyanto, Marketing Strategy)

0 komentar:

Posting Komentar